Koran Jakarta | September 24 2018
No Comments

Angelina Jolie Sukses Bawa Afganistan ke Panggung Dunia

Angelina Jolie Sukses Bawa Afganistan ke Panggung Dunia

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Angelina Jolie akhirnya memba­wa film yang diproduserinya, “The Breadwinner” menjadi pemenang dalam 4 kategori ber­gengsi Canadian Screen Awards (CAS). Berhasil masuk dalam 6 nominasi film animasi, “Bread­winner” akhirnya menjadi pe­menang dalam 4 kategori yakni Best Original Score, Best Original Song, Best Sound Editing, dan Best Adapted Screenplay. Peng­umuman pemenang CAS diada­kan di Toronto, Kanada, Senin (12/3) waktu setempat.

Jolie telah lama memiliki ikat­an dengan Afganistan dengan mengangkat 2 anak perem­puan Shiloh dan Zahara yang berasal dari Afganistan. Maka saat beberapa tahun lalu Nora Twomey, seorang sutadara menyodori naskah “The Breadwinner”, adaptasi dari novel Kanada berjudul sama, Jolie langsung menyatakan dukungannya.

Jolie dalam setiap kete­rangan persnya mengatakan bahwa “Breadwinner” bukan semata-mata cerita tentang bagaimana kekejaman Taliban kepada setiap anak perempu­an. Namun hari ini kenyataan serupa masih bisa dijumpai di banyak negara di mana perempuan tidak memiliki ruang yang cukup untuk menumbuhkan potensinya. “Meski ini cerita tentang Afgani­stan, tapi ini cerita tentang dunia kita hari ini. Perempuan semes­tinya mendapat ruang untuk tumbuh,” katanya seperti dikutip Vanity Vair bebera­pa waktu lalu.

“The Breadwinner” ber­cerita tentang seorang ga­dis bernama Parvana yang ayahnya dipenjara oleh tentara Taliban. Ia yang ha­nya tinggal bersama ibunya, berusaha untuk menengok kondisi ayahnya di penjara. Alih-alih bisa bertemu, ibunya yang sebenarnya sudah mengenakan burqa justru mendapat siksaan dari Taliban karena tidak se­mestinya seorang perem­puan berjalan di jalan raya tanpa didampingi laki-laki.

Sejak itulah Par­vana berpura-pura menjadi seorang laki-laki. Dengan menjadi laki-laki Parvana bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan ibunya. Dunianya berubah ha­nya dengan berpura-pura menjadi laki-laki. “The Breadwinner” juga menda­pat nominasi film animasi terbaik di berbagai ajang pengahrgaan film seperti Golden Globe dan Oscar. Namun semuanya kalah oleh animasi produksi Pixar, Coco. YK/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment